Airin Hibur Masyarakat Lewat Lenong

detaktangsel.com PONDOK AREN--Peristiwa langka baru saja tersaji di Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Dimana Walikota Airin Rachmi Diany, Wakil Walikota Benyamin Davnie, Dandim 0506/Tangerang Letkol Inf Muhammad Imam Gogor, Kapolres Tangsel AKBP Fadli Widiyanto, Anggota DPRD Tangsel Sihabudin Hasyim dan anggota seniman Betawi lainnya, berada satu panggung dalam Festival Lenong Betawi 2017 di Lapangan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) Bintaro, Pondok Aren, Minggu (12/11/2017) malam.


Mereka, yang dalam kesehariannya berkutat pada persoalan negara itu, didapuk memerankan tokoh masing-masing dalam teatrikal Lenong Betawi berjudul Jawara Melawan Jaman yang diinisiasi Lembaga Budaya Betawi (LBB) Kota Tangsel.

Sontak, masyarakat diseputar area pertunjukan lenong pun terpingkal-pingkal menyaksikan aksi para pejabat tersebut. Apalagi, Airin yang memerankan tokoh Mimin, istri H. Nawi yang diperankan AKBP Fadli Widiyanto, sesekali 'keserimped' saat mengucapkan logat Betawi.

Ketua LBB Tangsel Abdul Karim mengatakan, teatrikal lenong Betawi yang menghadirkan para pejabat Pemkot dan pimpinan TNI/Polri ini, merupakan salah satu upaya untuk pelestarian budaya Betawi yang ada di Tangsel.

"Ini juga sejarah di Indonesia, karena dalam pertunjukan lenong ini, walikota maupun wakilnya serta pimpinan tertinggi TNI serta polisi ditingkat kodim dan polres Tangsel, beradu peran," katanya usai pertunjukan.

Karim bilang, dilibatkannya para pejabat Pemkot Tangsel dan pimpinan tinggi TNI/Polri ditingkat Kodim maupun Polres, bertujuan untuk mendekatkan masyarakat dengan para aparatur pemerintah.

"Dan ternyata para pejabat ini juga bisa memerankan masing-masing dalam pertunjukan itu. Ini menjadi hiburan yang berarti bagi masyarakat Tangsel," tandasnya.

Go to top