Partai Berkarya dan Garuda Belum Lolos Verifikasi

Ketua KPU Kota Tangsel M. Subhan. Ketua KPU Kota Tangsel M. Subhan. Hendra

detaktangsel.com SERPONG-Partai Berkarya dan Garuda Kota Tangsel belum lolos verifikasi. Soalnya, hingga kini KPU Kota Tangsel masih melakukan verifikasi faktual.

Ketua KPU Kota Tangsel M. Subhan mengatakan, untuk kedua parpol tersebut batas waktu akhir tahapan verifikasi faktual sampai pada 12 Januari nanti. Setelah itu akan diberikan berita acara hasil verifikasi faktual oleh KPU. "Untuk dua parpol ini sampai 12 Januari, dan sekarang tahapannya masih terus berproses untuk kami lakukan verifikasi faktual terhadap dua parpol ini," katanya pada Selasa, (9/1/2018).

Menurut Subhan, alasan kedua parpol tersebut berbeda tahapannya dengan Perindo dan PSI, karena Partai Berkarya dan Garuda merupakan lolos ketahapan verifikasi faktual berdasarkan Surat Keputusan Bawaslu RI. "Karena mereka berdasarkan SK Bawaslu RI, dan diteruskan melalui KPU RI, maka untuk tahapan verifikasi faktualnya dilakukan di tahapan kedua," ungkapnya.

Sementara untuk hal yang diverifikasi faktual, Subhan mengatakan tidak ada yang berbeda dari parpol sebelumnya, yaitu sekretariat partai, kepengurusan partai harus memiliki 30 persen keterwakilan perempuan, serta selanjutnya akan dilakukan verifikasi faktual kader atau anggota partai yang didaftarkan ke KPU pada tahapan administrasi sebelumnya. "Untuk verifikasi faktual anggota ini, akan kita datangi satu persatu sesuai dengan jumlah sampling yang telah ditentukan," terangnya.

Baca juga: Dianggap Merusak Kawasan Situ Sasak, Proyek Tol Cinere-Serpong Menuai Demo

Sementara itu, Ketua DPC Partai Garuda Kota Tangsel Guntur Riswadi mengaku optimis untuk menghadapi verifikasi faktual yang tengah dilakukan oleh KPU Kota Tangsel. Dia mengatakan bahwa semua struktur partai telah disiapkan sesuai dengan aturan yang berlaku. "Kami sangat optimis untuk menghadapi verifikasi faktual ini, karena seluruh struktural partai telah kami siapkan agar bisa menjadi peserta Pemilu 2019 nanti," ungkapnya.

Hal sama juga diungkapkan oleh Ketua DPD Partai Berkarya Kota Tangsel Subari Martadinata. Ia pun mengaku optimis jika Partai Berkarya akan lolos dan melaju menjadi peserta Pemilu 2019. "Mohon doanya saja, yang pasti sampai sekarang kami sangat optimis partai ini bisa lolos," tandasnya.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online