Idul Adha, Puluhan Masjid Di Tangsel Bakal Di Jaga Ratusan Personil Polres

Kapolres Tangsel, AKBP Ayi Supardan Kapolres Tangsel, AKBP Ayi Supardan

detaktangsel.com SERPONG--Polres Kota Tangerang Selatan (Tangsel) bakal menerjunkan dua pertiga personilnya pada perayaan Idul Adha 1437 Hijriyah yang jatuh pada hari Senin (12/9) mendatang.

Tiap masjid besar yang ada di seantero Tangsel, dipastikan bakal di jaga tiga personil kepolisian. Penjagaan tersebut dilakukan hingga pemotongan dan pembagian hewan kurban kepada masyarakat.

Kapolres Kota Tangsel AKBP Ayi Supardan mengungkapkan, penjagaan terhadap masjid-masjid besar yang menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban tak lain sebagai antisipasi jika terjadi ricuh pada saat pembagian daging kurban.

"Kita akan turunkan 196 petugas. Pengamanan kita fokuskan ke masjid-masjid besar yang ada di Tangsel," kata Kapolres di temui di Pondok Aren, Kamis (8/9).

Menurut Kapolres, selain kepolisian pihaknya juga akan dibantu Satpol PP Tangsel, Kelompok Sadar Kamtibmas (KSK) serta dari unsur TNI. Sementara untuk jumlah masjid yang menggelar pembagian hewan kurban, Ayi belum bisa memastikan berapa jumlahnya sebab hingga saat ini pihaknya masih menunggu pendataan dari pihak terkait.

"Kita masih menunggu pendataan yang dilakukan petugas dilapangan," ucapnya. Kata dia, seluruh kecamatan di wilayah hukum Mapolres Tangsel rawan terjadi kericuhan saat pengambilan hewan kurban. Untuk itu, Ayi meminta jajarannya untuk mewaspadai segala bentuk ancaman dan gangguan kamtibmas.

"Selain ibadah solat ied dijaga, antisipasi kericuhan saat pembagian daging kurban juga dilakukan," ujarnya.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Tangsel AKP Prayoga Angga menambahkan, libur panjang pada hari raya Idul Adha dipastikan akan terjadi peningkatan kendaraan di sejumlah kawasan wisata seperti Situ Gintung di Ciputat, Ocean Park di BSD serta sejumlah kawasan perbelanjaan di Tangsel. Untuk itu, pihaknya akan menurunkan ratusan petugas untuk mengurai bulanan terjadi kemacetan.

"Kita dibantu Dishubkominfo untuk memecah kemacetan," katanya.

Hal sama juga diungkapkan Kepala Bidang Lalu Lintas pada Dishubkominfo Tangsel, Dedi Mulyadi, yang menerjunkan 100 petugas pengendalian operasi (Dalops) di ruas jalan yang berdekatan dengan masjid besar. Sebab, diyakini Dedi, jika masjid penuh, jamaah solat ied biasanya memakai ruas jalan.

"Jika diperlukan akan ada penglihan arus. Petugas cadangan kita siapkan juga," tandasnya.

« January 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31        

Cuaca

Jakarta, Indonesia
Partly Cloudy
27°C (27°C 22°C)

Go to top