Tak Siap Komputer, Airin Tegur Camat Bani

detaktangsel.com SERPONG UTARA - Walikota Airin Rahmi Diany menegur Camat Serpong Utara, Bani Khosyatullah saat berlangsung musyawarah rencana pembangunan tingkat kecamatan. Soalnya, kecamatan yang berbatasan dengan Kota Tangerang itu belum menyiapkan komputer untuk kelompok diskusi musrenbang. Rabu, (2/3).

Soalnya, Pemkot Tangsel dalam musrenbang menerapkan elektronik musrembang (e-musrenbang) dan Sistem Informasi Perencanaan, Penganggaran, dan Pengelolaan Keuangan Daerah Terpadu (SIMRAL).

Saat sambutan Airin menanyakan kesiapan e-musrenbang. Namun, ia tidak melihat adanya komputer di depan kelompok diskusi musrenbang. "Kok ini belum ada komputernya. Kesiapannya gimana ini pak camat (Bani-red)," kata Airin. Saat ditegur mantan camat Setu ini hanya terdiam.

Di tahun ini, kata Airin, Pemkot menerapkan e-musrenbang dan SIMRAL. Nantinya, hasil musrembang tingkat Kecamatan akan ditampilkan di website resmi Pemkot Tangsel. Untuk itu, Airin meminta pihak kecamatan untuk menyediakan komputer di empat kelompok diskusi musrembang yakni Infrastruktur, Pendidikan, Sosial dan Pemerintahan.

Menurutnya, visi Pemkot Tangsel yang dulu cerdas, modern dan religius akan berganti Cerdas, berkualitas dan berdaya saing dalam teknologi informasi, serta kreatif dan inovatif. Fokus pembangunan akan berada di Sumber Daya Manusia (SDM). "Masyarakat bisa melihat progres pengerjaan usulan Musrembang. Berjalan atau tidak," ucapnya.

Dilanjutkannya, Musrembang ini penting, bagi Pemkot Tangsel. Sebab, kinerja pemerintahan akan berhasil berawal dari perencanaan yang matang. "Musrembang ini penting, sebanyak 70 persen keberhasilan berasal dari perencanaan matang," jelasnya.

Kedepan, sambung Airin, selain e-musrenbang, Pemkot Tangsel bakal menerapkan perizinan di kecamatan dengan sistem online. Saat ini, sistem Informasi Surat Masuk dan Keluar (Sisumaker) sedang disiapkan. "Jadi, masyarakat akan bisa mengurus izin di kecamatan. Tidak perlu lagi ke Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T)," terangnya.

Sementara, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangsel, Teddy Meiyadi mengatakan perencanaan akan membantu pemerintah dalam mengambil kebijakan dan pembangunan untuk tahun berikutnya. "Hasil musrembang ini, supaya pembangunan tepat sasaran," pungkasnya.

Camat Serpong Utara Bani Khosiyatullah mengaku siap melaksanakan e-musrenbang. Sarana dan prasarana serta perangkat elektronik sudah disiapkannya.

« January 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31        

Cuaca

Jakarta, Indonesia
JSN_PAGEBUILDER_ELEMENT_WEATHER_HAZE
25.2°C (26°C 22°C)

Go to top