Pekalongan Kota Batik

Pekalongan Kota Batik

detaktangsel.com- PEKALONGAN, Kota Pekalongan atau yang akrab dengan julukan Kota Batik memang menyimpan banyak warisan budaya diantaranya Batik itu sendiri, pengrajin batik tumbuh subur di kota pesisir utara Jawa Tengah ini, di Kecamatan Wiradesa, Pekalongan misalnya. Di Kecamatan ini banyak pengrajin batik yang dilakukan secara tradisional, baik batik tulis, batik lukis, batik abstrak, batik cap dan lain sebagainya.

Batik yang terkenal sampai kawasan asia dan timur tengah pun di produksi disini, salah satunya yang paling terkenal adalah Indologo Batik yang terletak di belakang gedung Kopindo yang pemasaranya sampai di Thailand, Singapore , Malaysia hingga ke Arab saudi.

Pada zaman dahulu di kelurahan Bener Kecamatan Wiradesa ada koperasi yang sangat maju bernama Kopindo , yang disitu terkumpul beberapa pengrajin batik yang cukup hebat, hingga saat ini bangunan gedung Kopindo masih berdiri kokoh sebagai icon kecamatan Wiradesa. saat ini di Wiradesa juga masih bisa dijumpai workshop pembuatan batik seperti di Kampung batik Wiradesa dan Internasional Batik center.

salah satu Pengusaha yang tetap memproduksi beraneka ragam batik adalah Eddywan, Eddywan merupakan sekian banyak pengusaha batik yang cukup sukses meniti karirnya sebagai pengrajin batik. batiknya banyak dipakai kalangan selebritis, Pemerintahan sampai Presiden Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. SBY beserta rombongan Presiden pernah berkunjung ke Galerinya di Kampung Pesindon, Pekalongan.

Menurut Konsensus Nasional 12 Maret 1996 batik digolongkan sebagai salah satu karya seni dan dapat dikategorikan menjadi 5 golongan besar yaitu batik tulis, batik cap, batik kombinasi,batik modern dan batik bordir ( Marsam Kardi). Sejak abad XIV – XVI Kota Pekalongan telah dikenal batiknya dan membatik merupakan salah satu pokok penghidupan sebagian besar masyarakat Pekalongan.

Salah satu ciri batik pesisiran khususnya batik Pekalongan memberi nuansa yang membedakannya dengan batik dari daerah lain, yaitu dengan menggoreskan berbagai motif yang dekoratif dan naturalis dengan warna – warna yang cerah. Batik menjadi salah satu produk unggulan di Kota Pekalongan, hal ini disebabkan banyaknya industri yang menghasilkan produk batik. Ada sekitar 8000 pengrajin batik dan 600 lebih industri kecil batik. Sementara industri batik yang berskala menengah ke atas berjumlah puluhan. Sektor batik inilah yang menggerakkan roda perekonomian masyarakat Pekalongan.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online