Situ Perigi Ditata Warga, DPRD Minta Pemerintah Turun Tangan

Detaktangsel.com PONDOK AREN--Upaya penataan Situ Perigi di Kecamatan Pondok Aren oleh warga, akhirnya menuai reaksi positif oleh sejumlah pihak. Jika sebelumnya Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Muhamad melakukan Sidak di area situ seluas empat hektar ini, kini giliran Anggota Komisi ll DPRD Kota Tangsel, Syaifin, datang ke situ dan berencana akan memberikan bantuan untuk pembuatan jogging track di bantaran situ tersebut.

Syaifin mengatakan, meski kewenangan pemeliharaan aset-aset situ di Kota Tangsel ada pada Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung dan Cisadane (BBWSCC) dan Provinsi, tapi apabila ada warga yang peduli lingkungan untuk merawatnya dan sepanjang tidak merubah, hal itu tidak masalah.

"Situ ini kan wewenangnya ada pada provinsi, dan sudah sewajarnya anggarannya juga ada pada provinsi," kata Syaifin, Minggu (19/11/2017).

Meski kewenangannya ada pada Provinsi, namun Syaifin mengapresiasi penataan situ dilakukan oleh warga. Dia menilai, penataan situ oleh warga secara tidak langsung merupakan sebuah teguran kepada pemerintah yang didalamnya terdiri dari unsur eksekutif dan legislatif.

"Kita harus mencontoh, ternyata masih ada orang yang peduli dengan lingkungan situ. Ini menjadi teguran bagi eksekutif dan legislatif," ungkapnya.

Lebih lanjut Syaifin mengemukakan, pihaknya akan berupaya mendorong agar penataan Situ Perigi oleh warga, ada campur tangan pemerintah terutama bagaimana Situ Perigi kedepannya bisa dijadikan salah satu destinasi wisata yang ada di Kota Tangsel khususnya di Kecamatan Pondok Aren.

"Karena ini ranahnya provinsi, tapi sebagai warga Pondok Aren yang kebetulan jadi anggota dewan, secara pribadi saya malu. Kita akan berikan masukan kepada kawan-kawan (DPRD) yang ada di provinsi untuk untuk mendorong dan memperjuangkan soal situ Perigi ini," paparnya.

Ditempat yang sama, Kimpo, warga setempat yang melakukan penataan penanaman pohon di bantaran Situ Perigi sejak dua bulan lalu ini mengaku terkejut lantaran upaya yang dilakukannya selama ini mendapat respon positif dari berbagai pihak termasuk Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tangsel, Muhamad.

Kimpo mengungkapkan, saat ini pengerjaan jogging track yang ada di bantaran situ, baru saja dilakukan pengerjaannya. Dalam hal pemasangan jogging track, diakui Kimpo, akan terasa sangat berat lantaran membutuhkan anggaran yang tak sedikit.

"Jadi kalau ada masyarakat, termasuk dewan yang akan membantu, ini sangat positif. Kita tidak melihat bantuannya, tapi partisipasi untuk menata situ ini yang sangat kita hargai," tandasnya.

Sebelumnya diberitakan, penataan Situ Perigi oleh Kimpo, sempat juga sampai ke telinga Sekda Kota Tangsel, Muhamad. Ia pun langsung melakukan sidak ke Situ Perigi pada Selasa awal pekan lalu.

Muhamad mengatakan, warga dalam soal kebersihan situ juga perlu dilibatkan. Karena, ia menganggap tidak ada orang lain selain warga setempat yang harus peduli dengan situ tersebut.

"Saya juga berterimakasih karena memang harus warga disitu yang harus menjaga. Karena kalau bukan warga disitu, mau siapa lagi yang jaga," tandasnya

 Baca Juga : Kimpo Bercerita Masa Kecil di Situ Perigi

« December 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31

Cuaca

Jakarta, Indonesia
Partly Cloudy
25°C (25°C 23°C)

Go to top