Bantaran Situ Perigi Bakal Dibangun Area Jogging Track

Detaktangsel.com PONDOK AREN--Bantaran Situ Perigi di Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), dalam waktu dekat dipastikan bakal segera berubah dari kondisi yang ada saat ini. Hal itu menyusul setelah warga setempat, Kimpo, akan menjadikan bantaran Situ Perigi sebagai sarana jogging track bagi masyarakat yang berkunjung ke situ seluas kurang lebih 4 hektar itu.andang mata.

Rencana bila bantaran situ akan dibangun jogging track, merupakan niat yang dilakukan Suhanda Johan, yang mengaku tak puas jika bantaran situ hanya ditanami pepohonan saja tanpa didukung sarana dan prasarana yang cukup memadai.

Menurutnya, untuk membangun jogging track tersebut, Kimpo bersama dengan anak buahnya sudah melakukan pemetaan tentang keberadaan jogging track tersebut.

"Kita sudah ukur untuk area jogging tracknya, panjangnya kurang lebih ada 1.700 meter. Untuk lebarnya 1.40 meter," kata Kimpo, Selasa (14/11/2017).

Sedangkan anggarannya, Kimpo juga mengatakan akan menggunakan dana pribadi. Meski begitu, untuk pembuatan jogging track sepanjang 1.700 meter tersebut, tidak menutup kemungkinan dirinya akan melibatkan warga. Karena, Ia beralasan bahwa pembuatan jogging track membutuhkan anggaran yang cukup besar.

"Sudah ada empat orang yang bersedia membantu pembuatan jogging track disini. Mereka juga warga sini yang selama ini peduli dengan kelestarian situ," ungkapnya.

Diakuinya, berdasarkan hasil kalkulasi yang sudah dilakukan untuk pembuatan jogging track dibantaran Situ Perigi, yakni sebesar Rp,289 juta. Adapun tehnis pelaksanaan pengerjaannya dilakukan dengan sistim borong.

"Jadi harga per meter untuk pengerjaan konbloknya 1.70 ribu rupiah, dan itu diborong. Tinggal kalikan saja 1.70 ribu kali 1.700 meter, ini lumayan berat. Tapi karena saya sudah niat, harus saya lakukan," bebernya.

Ia juga tak mematok target soal kapan selesainya pemasangan konblok untuk area jogging track tersebut. Namun, ia berancang-ancang pemasangan konblok bisa rapih ditata sebelum memasuki tahun baru 2018 nanti.

"Kita pasang dibagian depan dulu, disitu kan sudah ada pasangan konblok. Nanti kita sambung hingga kebagian dalam, mudah-mudahan bisa selesai sebelum tahun baru 2018 nanti," tandasnya.

Rencana soal bantaran Situ Perigi akan dipasangi konblok untuk area jogging track, juga disambut baik Amin Abdullah. Pria yang tinggal diwilayah Perigi Lama ini mengatakan bahwa untuk menata situ, perlu melibatkan masyarakat. Apalagi, situ merupakan sumber air yang manfaatnya sangat besar bagi masyarakat.

"Bila perlu kita juga harus berpartisipasi dalam melakukan pembuatan jogging track ini, karena ini sangat positif. Masyarakat pun nanti bisa memanfaatkan jogging track ini untuk olahraga," ujarnya.

Diketahui, ratusan pepohonan berbagai jenis diantaranya pohon kelapa, pohon nangka, pohon sukun, pohon jambu pohon jamaika, pohon mangga, kelengkeng, rambutan, pohon pelamboyan, beringin, ketapang kencana dan pohon kembang sepatu, sejak dua bulan lalu ditanam dibantaran Situ Perigi. Penanaman yang dilakukan oleh Kimpo, merupakan salahsatu upaya untuk melestarikan keberadaan situ agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar..

Baca Juga : Kimpo Bercerita Masa Kecil di Situ Perigi

 

Go to top