Upaya Atasi Sampah, Forum RW Pondok Jaya Serahkan Gerobak Sampah

Pondok Aren- Forum RW Pondok Jaya saat menyerahkan gerobak samaph,Kamis (6/1)DT Pondok Aren- Forum RW Pondok Jaya saat menyerahkan gerobak samaph,Kamis (6/1)DT

detaktangsel.com- PONDOK AREN, masalah samapah di kota Tangerang Selatan (Tangsel) masih menjadi persoalan krusial yang harus ditangani secara bersama.

Untuk mengatasi sampah dilingkungan, Forum Rukun warga Kelurahan Pondok Jaya Kecamatan Pondok Aren Kota Tangsel, secara resmi menyerahkan tujuh  gerobak pengangkut sampah kepada para pengurus RW dan satu unit perlengkapan keranda mayat kepada pengurus makam.

Ketua Forum RW kelurahan Pondok Jaya, H. Abdul Jalal menjelaskan, penyerahan gerobak sampah dan perlengkapan satu set keranda mayat merupakan realisasi penggunaan dari bantuan provinsi Banten tahun anggaran 2013 sebesar 46 juta dan diprioritaskan untuk pembuatan tujuh gerobak sampah serta bantuan pisik lainnya.

“Berdasarkan musyawarah dan kesepakatan bersama, bantuan tersebut kami realisasikan dalam bentuk fisik untuk kebutuhan sosial,” ujarnya.

Dari besaran anggaran tersebut, selain digunakan untuk pembuatan tujuh unit gerobak dan satu set keranda untuk keperluan mengurus warga yang meninggal, anggaran itu juga digunakan untuk pembuatan saluran air (drainase) dan paving blok dilingkungan RT 05/02 sepanjang 26 meter.

"Secara keseluruhan dari anggaran yang ada, selain untuk pembuatan gerobak sampah dan satu set keranda mayat, kami juga melakukan perbaikan drainase dan pemasangan paving blok di RT 05/02,"  imbuhnya.  

Ditempat yang sama, Lurah Pondok Jaya, Munadih. Spd  bersama ketua LPM kelurahan Pondok Jaya, H. Jamhari mengakui bahwa gerobak sampah ini merupakan suatu kebutuhan bagi warga dilingkungan kelurahan Pondok Jaya. Mengingat, masalah sampah selalu menjadi persoalan utama diwilayah tersebut. Sehingga, diharapkan tidak terjadi lagi adanya tumpukan sampah  serta dapat membantu permasalahan sampah di Kota Tangsel.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada Forum RW beserta jajarannya. Selain berinsiatif membuat gerobak, diharapkan nantinya dibentuk Bank sampah seperti di wilayah lainnya, sehingga sampah-sampah tersebut juga dapat menjadi penghasilan tambahan,” ucap Munadih usai dirinya  menyaksikan penyerahan tujuh gerobak sampah yang berlangsung dihalaman Kantor kelurahan Pondok Jaya, Kamis (6/2).

Disinggung terkait pengelolaannya, Munadih dengan tegas jika penanganan sampah harus melibatkan semua pihak. Sebab menurutnya, masalah sampah tidak akan selesai jika tidak melibatkan seluruh unsur masyarakat.

"Yang jelas dengan adanya gerobak sampah ini, peran serta masyarakat sangat diharapkan sehingga bisa meminimalisir sampah yang ada diwilayah kelurahan Pondok Jaya ini," pungkasnya. (Red) 

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online