P4 Tolak Rencana WWF dan BTNUK Memindahan Badak Jawa

P4 Tolak Rencana WWF dan BTNUK Memindahan Badak Jawa

detakserang.com- PANDEGLANG, Belasan masa yang mengatas namakan Pergerakan Pemuda Peduli Pandeglang (P4) menolak rencana pemindahan satwa langka yakni badak Jawa dari ujung kulon kedaerah luar Banten yang akan dilakukan oleh lembaga Worl Wide Fund (WWF), Penolakan tersebut disampaikan dalam aksi demo yang dilakukan di depan Kantor Balai Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK), diwilayah Kecamatan Labuan, Rabu (3/9).

Kordinator aksi Arif Ekek dalam orasinya mengatakan, rencana Wwf dan BTNUK yang akan memindahkan badak jawa kedaerah luar Banten itu merupakan sebuah penghianatan dan pelecehan terhadap Pemerintah Kabupaten Padneglang, karena satwa tersebut merupakan salah satu ikon Daerah Pandeglang.

"Badak cula satu itu hanya ada diwilayah Kabupaten Pandeglang, maka dari itu kami selaku warga Pandeglang menolak dan menentang keras dengan rencana pemindahan tersebut," ungkapnya.

Masih kata Arif seraya menerangkan, badak jawa diujung kulon harusnya dilestarikan dengan baik agar tidak mengalami kepunahan, bukan berarti mengalihkan kedaerah lain yang belum tentu keselamatannya bisa terjamin, selain itu juga diwilayah Ujung Kulon masih banya lahan yang harus dikelola untuk dijadikan habitat badak itu sendiri, agar populasinya semakin bertambah.

"Salah satu alasan mereka untuk memindahkan badak Jawa seperti menghindari gejala alam yang akan terjadi yang dapat menimbulkan kepunahan bagi pertumbuhan satwa badak ini sangat tidak masuk akal, karena didaerah lain juga belum tentu bisa dijamin keselamatannya, akrena musibah alam itu tidak yang bisa mengetahui, maka dari itu kami sangat menolak dengan rencana mereka untuk memindahkan badak Jawa itu sendiri," terangnya.

Terpisah Kepala Wawan Gunawan, Sub Bagian Tata Usaha BTNUK mengatakan, terkait rencana pemindahan badak Jawa tersebut yang akan dilakukan itu memang benar, karena memang sudah ada Peraturan Menteri Kehutanan Nomor 43 tahun 2007. Namun kata dia, untuk sekarang ini sedang dilakukan kajian, seperti kajian beberapa lokasi yang akan digunakan untuk pemindahan.

"Untuk loksi yang sedang dilakukan kajian yaitu ada tiga lokasi, yaitu Cikeupuh di Daerah Sukabumi, Halimun, dan Cibaliung Kabupaten Pandeglang,"katanya.

Masih kata Wawan, tujuan rencana pemindahan badak Jawa tersebut yaitu untuk menghindari ancaman-ancaman yang dapat menimbulkan kepunahan terhadap keberadaan badak cula satu tersebut, seperti ancaman dari terjadinya tsunami, letusan gunung Krakatau, menghindari perkawinan satu jenis dan ancaman alam lainnya.

"Memang rencana pemindahan ini ada, tapi harus melalui kajian-kajian dan berkordinasi dengan Pemerintah Daerah, Tokoh Masyarakat dan semua lapisan Masyarakat Pandeglang, dan sekarang ini sedang dilakukan oleh WWF," tambahnya.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online