Mencoba Peruntungan Dengan 'Tahu'

Mencoba Peruntungan Dengan 'Tahu'

detaktangsel.com PAMULANG Berwirausaha merupakan hal yang tepat dalam menambah perekonomian. Hal itulah yang dilakukan Abi Jumaedi, seorang mahasiswa tingkat akhir di Universitas Pamulang. Bersama beberapa teman, Abi mencoba peruntungan dengan berjualan tahu. Bertempat di Gang Anggrek, Pondok Benda, Pamulang, dengan gerobak sederhana Abi menjajakan tahu hasil eksperimennya, yang diberi nama tahu crispy.

Tahu crispy berbeda dengan tahu lainnya. Selain renyah, tahu crispy buatan Abi juga memiliki varian rasa, ada rasa balado, jagung bakar, jagung manis, keju, extra pedas, dan lainnya. Varian rasa tahu crispy tersebut menurut Abi adalah 'rasa ala coba-coba'.

Hanya dengan Rp 5 ribu, pembeli dapat menikmati sekatung tahu crispy. Selain itu, pembeli juga bisa memilih dan mengkombinasikan rasa tahu sesuai selera. "Pembeli bisa bereksperimen sendiri soal rasa," ujar Abi.

Abi menjelaskan, berawal dari keinginan membiayai pendidikan sendiri, ia rela berhutang guna modal awal usaha. Kini usahanya tersebut mampu meraup keuntungan Rp 3,5 juta perbulan. "Saat ini pendapatan bersih kita sebulan sekitar 3,5 juta, lumayan buat hidup dan kuliah," ungkapnya.

Sementara itu, rekan usaha Abi, Rara mengungkapkan dengan berwirausaha ia dapat belajar sekaligus praktik memanajemen keuangan agar usahanya lebih maju. "Saya senang sudah belajar dan dapat uang lagi, meski terkadang terasa capek. Ditambah lagi adanya komplain pelanggan, kita dilatih untuk sabar," kata mahasiswa asal Lampung tersebut.

Rara menambahkan, usaha yang dilakoninya ke depan akan terus dikembangkan dengan membuka cabang di tempat lain. "Dengan begitu, dapat berkembang sehingga dapat membantu mahasiswa lainnya yang ingin mendapat penghasilan untuk pendidikannya tanpa merepotkan kedua orang tua. Selain itu juga untuk melatih kemandirian," pungkasnya.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online