Pamulang Ditargetkan Bebas Jentik pada 2018

Tim Jumantik Benda Baru, Pamulang. Tim Jumantik Benda Baru, Pamulang. istinewa

detaktangsel.com PAMULANG - Kecamatan Pamulang di target menjadi kecamatan pertama di Kota Tangerang Selatan yang bebas dari jentik nyamuk. Targetnya, pada 2018 seluruh kelurahan di Kecamatan Pamulang telah tersertifikasi dan bebas dari jentik nyamuk.

Manajer Jumantik Benda Baru Subekti menjelaskan, pihaknya telah mengadakan pelatihan bagi perwakilan supervisor dan petugas jumantik yang ada di kelurahan. Mereka diberi penyuluhan dan pengetahuan tentang bahaya nyamuk, khususnya demam berdarah.
"Kita berharap secepatnya kelurahan di Kecamatan Pamulang memiliki sertifikasi bebas jentik. Saat ini sudah ada benda baru, nanti akan disusul oleh 7 kelurahan lain Pondok Benda, Pamulang Timur, Pamulang Barat , Bambu Apus, Pondok Cabe Ilir , Pondok Cabe Udik" terangnya.
Di tempat yang sama, Dinkes Kota Tangsel Alwan  menegaskan, pihaknya telah mendidik sejumlah supervisor yang nantinya akan menjadi motivator untuk kelurahan yang ada di Pamulang. Pihaknya juga mengadakan lomba jentik antar RW di Kelurahan Benda Baru dalam rangka peringatan HUT RI ke-72.
Alwan mengatakan, manfaat pelatihan ini dinilai sangat besar. Para supervisor ditantang untuk terjun langsung ke setiap RW untuk memberi pemahaman kepada warga agar wilayahnya bebas dari jentik nyamuk. "Memang hasilnya berbeda-beda. Ada yang dua minggu, ada yang dua bulan ada juga yang lebih dari itu. Dari pengalaman kami, dibutuhkan waktu sembilan bulan untuk memiliki kelurahan yang bebas jentik," ujarnya.
Ia berharap, semoga ke depannya, setiap kelurahan dan kecamatan yang ada di Tangsel bisa bebas dari jentik nyamuk,

« January 2018 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31        

Cuaca

Jakarta, Indonesia
Partly Cloudy
25°C (25°C 23°C)

Go to top