Pemkot Dukung Revitalisasi Situ untuk Wisata

Situ Gintung Salah satu obyek wisata di Tangsel Situ Gintung Salah satu obyek wisata di Tangsel

detaktangsel.com PAMULANG - Walikota Airin Rachmi Diany mendukung revitalisasi situ untuk destinasi wisata. Upaya Pemkot Tangsel melakukan revitalisasi sebanyak sembilan situ telah dimulai dua tahun yang lalu. Harapannya, situ akan menjadi aset dan taman.

Hal ini terungkap saat pelantikan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Situ Ciputat, Pamulang Barat dan Timur (Cipatimbar) di Situ Sasak, Pamulang, Minggu (17/1).

"Lima tahun kedepan, ada revitalisasi taman wisata di situ. Harapan saya, Situ Sasak bisa bermanfaat. Semoga ini dapat dimanfaatkan baik ekonomi, budaya dan sosial," ujar Walikota Airin Rachmi Diany.

Menurutnya, terlebih dengan adanya budidaya ikan di situ. Dapat menambah oemasukan pengelola maupun warga sekitar situ. "Mudah-mudahan dengan adanya budidaya masyarakat bisa merasakan manfaatnya," ucapnya.

Sementara Ketua Pelaksana LPM Cipatimbar Sulistyo Winardi menuturkan pengelolaan situ oleh LPM
dapat menghidupkan ekonomi masyarakat sekitar. Jika dijadikan tempat wisata warga bisa berjualan di lokasi dan dapat menambah pemasukan. Selain itu, nama Situ Sasak diganti menjadi Situ Cipatimbar. "Situ ini terintegrasi di tiga kelurahan, harapannya bisa bermanfaat untuk masyarakat," terangnya.

Sebelumnya, LPM Cipatimbar mendesak pemkot Tangsel untuk menjadi situ sasak menjadi lokasi wisata. Proses perizinan untuk pengelolaan situ sudah dilakukan. Pihaknya telah berkordinasi dengan Balai Besar Pengairan Kementerian Pekerjaan Umum untuk menyerahkan pengelolaan situ tersebut menjadi wisata. Situ dengan luas delapan hektare tersebut juga bisa dilakukan sebagai latihan SAR (Search and Rescue).

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online