Sabet Juara 3 Nasional, Airin Bakal Bangun Hutan Kota Di Tiap Kelurahan

Sabet Juara 3 Nasional, Airin Bakal Bangun Hutan Kota Di Tiap Kelurahan

detaktangsel.comPAMULANG - Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany, akhirnya membawa Tangsel meraih peringkat tiga tingkat Nasional dalam lomba penanaman pohon satu miliar tahun 2014. Karena dinilai mampu mengajak masyarakat Tangsel dalam membudayakan menanam pohon di kota pemekaran kabupaten Tangerang ini, Airin pun di ganjar penghargaan yang langsung diberikan Presiden Joko Widodo pada peringatan Hari Menanam Pohon Nasional yang berlangsung di Wonogiri, Jawa Tengah, Sabtu (29/11) kemarin.

"Syukur Alhamdulillah kita mendapatkan penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sebagai Juara ketiga Lomba Penanaman Satu Miliar Pohon Tahun 2014," ujarnya, Minggu (30/11).

Menurutnya, penghargaan tersebut bukanlah berasal dari dia pribadi, melainkan peran aktif masyarakat dan juga pihak swasta melalui badan CSR-nya dalam melestarikan lingkungan yang ada di Tangsel. Untuk itu, meski sudah menerima penghargaan tertinggi dari Presiden melalui Kementeriannya, Airin dengan tegas agar hal tersebut bukanlah sekedar ceremony semata.

"Meski sudah diakui secara nasional, saya berharap ini bukan ceremony saja. Melainkan, harus konsisten bertindak nyata, mempertahankan kebiasaan kita untuk menanam pohon dan menghijaukan lingkungan," ungkap Airin.

Kedepannya, Airin memilih kebijakan yang menginovasi. Misalnya saja, hutan kota yang sudah ada dan diakuinya merata di tujuh kecamatan, sudah saatnya ditingkatkan kualitasnya. Yakni dengan cara menanam kembali dengan berbagai pohon yang variatif, baik pelindung ataupun produktif. Kemudian, dari tujuh kecamatan Airin berharap Hutan Kota di wilayahnya merata hingga disemua kelurahan yang berjumlah 54 kelurahan.

"Makanya mulai dari sekarang, saya instruksikan kepada seluruh lurah, untuk mencari lahan kosong milik Pemkot. Kemudian laporkan, agar dijadikan hutan kota," ujarnya.

Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD) Kota Tangsel, Rahmat Salam mengatakan, keberhasilan Tangsel meraih peringkat ke tiga dalam lomba menanam pohon tingkat Nasional tahun 2014 ini dikarenakan kerjasama semua pihak. Dimulai dari kebijakan pemerintahan Airin melalui penganggaran APBD, masyarakat melalui Laskar Lingkungan, serta pihak swasta melalui wadah CSR-nya.

"Semua pihak sudah berpartisipasi. Prestasi ini berkat adanya kerjasama yang harmonis," ungkapnya.

Kedepan, kata Rahmat, hutan kota atau RTH seluas 30.22 persen dari luas wilayah Tangsel bakal dipertahankan. Bahkan kata dia, BLHD rencananya bakal membuat konsep seperti membangun hutan di dalam kota sebagai salah satu konsep untuk menata Tangsel.

"Selanjutnya BLHD akan membangun hutan di dalam kota karena ini bagian dari konsep menata Tangsel,' katanya.

Diketahui, Kota Tangsel dinilai berhasil memelihara dan menambah hutan kota melalui pos APBD, CSR atau swasta, dan keterlibatan masyarakat.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online