Dinas PU Tangsel Merancang Bangun Smart PPID

Detaktangsel.com SERPONG - Dalam mewujudkan Visi Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sebagai "Smart City", Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Tangsel akan me-launching aplikasi berbasis Teknologi Informasi yang disebut "Smart PPID DPU" (Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi Dinas Pekerjaan Umum).

Tekad Wali Kota Tangsel Airin Rachmy Diany untuk membangun pelayanan Kota berlabel 'smart city' melalui Dinas PU mengeluarkan inovasi sebagaimana maksud aplikasi Smart PPID DPU tersebut.

Sekretaris DPU Kota Tangsel Aries Kurniawan mengatakan, PPID DPU ini difungsikan untuk memroses data dan informasi yang diajukan oleh masyarakat.

"Aplikasi PPID DPU ini difungsikan untuk memproses informasi data-data yang diminta oleh masyarakat Kota Tangsel. Apakah data terkait pembangunan jembatan, jalan, dan lain lain yang berhubungan Dinas Pekerjaan Umum," ungkapnya, saat diskusi pilot project PPID DPU di salahsatu tempat kuliner di kawasan BSD, Serpong, Jumat (10/11/17).

Sebelumnya, Dinas PU telah merilis aplikasi SIMANJA yang fungsinya adalah satana untuk pengaduan bagi masyarakat, terkait pekerjaan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan. Namun, Menurut Aris, aplikasi Smart PPID DPU adalah wadah yang lebih luas untuk memroses pengajuan data/informasi yang diminta oleh masyarakat Tangsel.

"Diharapkan, dengan hadirnya aplikasi Smart PPID DPU bisa memudahkan pengaduan masyarakat, yang dulunya masih berkas-berkas kertas kini bisa melalui online, agar efisien, cepat, dan tepat ditanggapinya," imbuh salahsatu Sekretaris Dinas termuda.

Sementara, Pelaksnana tugas (Plt) Humas Dinas PU, Imanuddin berharap, 'pilot project smart' PPID PU bisa menjadi 'pilot project' bersama Smart PPID di pusat pemerintahan Kota Tangsel.

"Kita juga berharap, semoga pilot project ini bersinergi dengan Diskominfo dan data-data terkait pemerintahan bisa terkoneksi bersama," pungkas Imanuddin menutup diskusi smart PPID DPU.

Go to top