Hindari Penyebaran Hoax Dimasyarakat

Diskusi publik bertajuk 'Peran Penting Warga Dalam Dunia Jurnalisme' di Resto Kampung Anggrek, Serpong Diskusi publik bertajuk 'Peran Penting Warga Dalam Dunia Jurnalisme' di Resto Kampung Anggrek, Serpong Hendra
detaktangsel.com SERPONG - Rangkaian Festival Jurnalistik Tangsel 2017 sambut HUT ke-9 Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang digelar PWI Tangsel, Pemkot dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Provinsi Banten baru saja dimulai. Salah satunya, dengan menggelar diskusi publik bertajuk 'Peran Penting Warga Dalam Dunia Jurnalisme' di Resto Kampung Anggrek, Serpong, Kamis (12/10/2017).

Wakil Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie yang didapuk sebagai pembicara pada diskusi tersebut mengapresiasi kegiatan yang dilakukan PWI Tangsel. Karena seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi yang ada saat ini, dimana warga begitu mudahnya mempublikasikan hasil reportasenya itu ke media sosial. "Yang paling penting bagi kita adalah, bagaimana mengimbangi kemajuan jaman ini dengan pendekatan budaya," kata Benyamin.

Sebenarnya, menurut Benyamin Pemkot Tangsel telah melibatkan warga untuk melaporkan semua keluhan kepada pemkot melalui aplikasi Siaran Tangsel. "Dalam aplikasi Siaran Tangsel ini. Setiap warga bisa menyampaikan informasi soal keluhan warga. Dan ini juga bisa seperti bentuk jurnalisme warga. Dan tentunya informasi dan laporan dari warga bisa langsung ditangani," ujarnya.

Akan tetapi, mengenai jurnalisme warga ini, Banyamin mengingatkan agar warga juga diberikan pemahan soal konten jurnalis dalam menyampaikan informasinya itu. Hal ini bertujuan untuk menghindari penyebaran berita hoax yang sangat membahayakan. "Sekarang yang harus kita waspadai bersama adalah, bagaimana warga juga harus menghindari penyebaran berita hoax. Karena penyebaran berita hoax ini sangat berbahaya bagi keadaan sosial kita," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Hendry CH Bangun mengatakan, tantangan terbesar para jurnalis warga adalah dengan meningkatkan kualitas produknya, keterampilan mencari informasi, menulis laporan, memproduksi berita baru kemudian di konsumsi masyarakat. "Sekarang tinggal bagaimana kita memperbaiki kualitas jurnalisme warga, ini untuk menghasilkan produk Jurnalis yang baik dan informasi yang benar," tandasnya.

« December 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31

Cuaca

Jakarta, Indonesia
Partly Cloudy
25°C (25°C 23°C)

Go to top