Sensus Ekonomi, BPS Libatkan 2.257 Petugas

Sensus Ekonomi, BPS Libatkan 2.257 Petugas

detaktangsel.com Serpong – Untuk mengetahui tingkat perteeumbuhan ekonomi 10 tahun terakhir di Kota Tangsel. Badan Pusat Statistik (BPS) kota setempat bakal menyiapkan 2.257 petugas. Ribuan petugas ini nantinya bakal melakukan survei terhadap pelaku bisnis.

Kepala BPS Tangsel, Faidzin mengatakan sebanyak 2.257 petugas sensus ekonomi akan dilibatkan pada bulan Mei 2016 mendatang. Setiap satu petugas wajib melakukan pendataan 300 responden. "Kita akan melakukan survei ke pelaku bisnis kecil, menengah dan konglomerat. Untuk mengetahui perkembangan ekonomi di Tangsel," ungkapnya, Senin (21/12).

Menurutnya, sensus ekonomi ini dilakukan, sepuluh tahun sekali. Data sebelumnya, Tangsel tertinggi dibidang perdagangan yang mencapai 17 persen. Disusul sektor jasa 15 persen, industri 5 persen dan terbagi ke 17 sektor lainnya. Selain itu, mengetahui jenis usaha yang sedang berkembang dan trend. Contohnya seperti jasa go-jek. "Sepuluh pertanyaan akan diajukan untuk para pelaku bisnis. Seperti nama, alamat, jumlah pekerja, omset perhari hingga perbulannya," ucapnya.

Kata dia, biasanya, petugas di lapangan kesulitan meminta data omset perusahaan. Pelaku bisnis enggan memberikan data ke petugas. "Kita menekankan ke petugas sensus, untuk bisa mendapatkan omset tersebut, meskipun harus didatangi berulang kali," katanya.

Sementara, pengusaha minuman ringan Indra Sofyan mengaku, selama sensus tersebut untuk kemajuan dan bermanfaat, tidak masalah. Dirinya berharap, dengan hasil sensus ekonomi pemerintah bisa mengeluarkan kebijakan yang meningkatkan bisnis baik pengusaha, distributor dan konsumen. "Selama bermanfaat, kami tidak menolak untuk di sensus," ucap pengusaha minuman buble drink tersebut.

Untuk itu, Indra meminta pemerintah harus berupaya melindungi pelaku bisnis. Terutama memperhatikan pelaku bisnis kecil dan menengah untuk terus bisa eksis."Setiap pelaku bisnis intinya, bisnisnya berkembang," pungkasnya.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online