Waduh.... Puluhan Bule Keliaran Di Pilkada Tangsel

Waduh.... Puluhan Bule Keliaran Di Pilkada Tangsel

detaktangsel.com Serpong - Pukuhan orang asing Rabu 9 Desember, sejak pukul 08,00 lalu lalang di halaman kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel). Puluhan asing dari berbagai negara ini, terjun langsung untuk memantau hajat akbar Pilkada serentak yang digelar di 269 daerah di Indonesia.

‎Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangsel, Mohamad Subhan mengatakan, sesuai rencana ada 30 Kedutaan Besar (Kedubes) negara-negara sabahat ikut mendelegasikan perwakilannya ke Tangsel. Mereka ingin memantau langsung pesta demokrasi dari penyoblosan hingga selesai.

"Ada 130 orang pemantau asing yang datang ke Tangsel," katanya kepada wartawan ditemui di kantornya, Rabu (9/12) pagi.

Dijelaskan Subhan, terpilihnya Tangsel ‎daei 268 daerah provinsi dan kabupaten yang ada di Indonesia, lantaran Tangsel sebagai obyek percontohan (pilot project) penyelenggaraan Pilkada serentak 2015 di Indonesia.

"Mereka ingin menyaksikan jalannya proses Pilkada serentak di Indonesia. Salah satunya Tangsel," katanya.

Subhan menyebutkan, ratusan orang tamu asing dari 30 negara yang saat ini ada di Kota Tangsel, seperti dari Korea Selatan, Myanmar, Mesir dan negara-negara sahabat lainnya.

"Ada juga yang dari Australia. Mereka akan langsung memantau ke TPS-TPS yang ada di Tangsel," papar Subhan.

Selain itu, lanjut Subhan, selama tiga hari ratusan bule pemantau asing ini akan terus melototi tabulasi penghitungan suara. Lokasi rekapitulasi hasil suara dari 2.245 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar pada tujuh wilayah kecamatan dipusatkan di Restoran Telaga Seafood, Serpong.

"Biasanya kalau negara lain mengadakan pemilihan begini, Indonesia diundang. Sekarang Indonesia yang menjadi tuan rumah dan mengundang. Kebetulan Tangsel yang dipilih," tandas Subhan.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online