BPBD Punya Alat Prediksi Cuaca

BPBD Punya Alat Prediksi Cuaca

detaktangsel.com SERPONG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Tangsel memiliki monitoring cuaca. Laat berupa layar lebar tersebut didapat dari Kantor Balai Wilayah II Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ciputat. Alat Monitoring dapat memprediksi kondisi cuaca hingga gempa.

Pelaksana Harian BPBD Kota Tangsel, Uci Sanusi mengatakan monitoring cuaca tersebut diberikan untuk mendukung kinerja BPBD.

"Monitoring tersebut laporan prediksi sekala internasional, nasional, lokal dan khusus," ucapnya, Rabu (4/11).

Menurutnya, dengan alat tersebut memudahkan petugas BPBD dalam melakukan persiapan penanggulangan bencana.

"Selama ini, kita memang memperoleh laporan BMKG dari short messages service (SMS) terkait prediksi cuaca," ucapnya.

Kata dia, pemberian bantuan alat monitoring cuaca tersebut sangat membantu pihaknya. Bahkan, rencananya akan dipasang di sejumlah fasilitas publik serta Kantor Walikota.

"Kami berharap BMKG juga memfasilitasi hingga di kecamatan terkait peringatan dini," ujarnya.

Sementara, Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Kota Tangsel, Bambang Hartoko menyatakan dengan bantuan alat monitoring ini, kesiapsiagaan lebih maksimal. Terlebih, dalam waktu dekat ini memasuki musim penghujan.

"Secara garis besar, anggota BPBD bisa melihat perkiraan cuaca. Sehingga teknis di lapangan bisa terukur dan terencana," terangnya.

Bambang menambahkan selama ini banjir di Tangsel hanya lewat saja. Tidak menggenang berhari-hari. Hanya hitungan jam air kembali surut. "Antisipasinya, pihaknya telah mengumpulkan relawan hingga pihak kelurahan mengenai penanganan resiko bencana," pungkasnya.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online