Petugas Pemeriksa Hewan Qurban Dilepas Wakil Bupati

Petugas Pemeriksa Hewan Qurban Dilepas Wakil Bupati

detaktangsel.com KAB. TANGERANG - Wakil Bupati Tangerang H. Hermansyah melepas 90 petugas pemeriksaan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha, di Ruang Rapat Bola Sundul Gedung Usaha Daerah Kabupaten Tangerang.

Menjelang Hari Raya Idul Adha Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Dinas Pertanian Peternakan dan Ketahanan Pangan membentuk tim pemeriksaan hewan kurban, pelaksanaan pemeriksaan hewan kurban yang merupakan salah upaya perlindungan kepada masyarakat dari ancaman penularan zoonosis (yaitu penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia) terutama penyakit anthraks yang berasal dari hewan-hewan kurban seperti sapi, kerbau, domba dan kambing.

Sedangkan jumlah petugas tim pemeriksa hewan kurban yang di terjunkan sebanyak 90 orang yang terdiri dari 11 dokter hewan, 3 orang paramedik veteriner, 47 orang kabid/kasi/pelaksana pada Dinas Pertanian dan Peternakan, serta 29 orang petugas yang berasal dari setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Tangerang.

"Tim ini yang akan memeriksa hewan qurban yang beredar di Kabupaten Tangerang," kata Mawardi Nasution, Sekretaris Dinas Pertanian dan Peternakan kepada detakbanten.com, Selasa (22/9/2015).

Diungkapkan Mawardi kegiatan yang dilakukan petugas pemeriksaan hewan kurban meliputi Pemeriksaan kesehatan hewan kurban dan pendataan jumlah, jenis dan daerah asal hewan kurban di lokasi-lokasi penjualan/penampungan hewan kurban, Pemeriksaan persyaratan sebagai hewan kurban. Cukup umur(domba/kambing berumur di atas 1 tahun dan sapi/kerbau berumur diatas 2 tahun Tidak cacat (buta, pincang, patah tanduk, putus ekor dan daun telinga) Tidak kurus.

"Juga melakukan pemeriksaan kelengkapan administrasi yang meliputi Surat Keterangan Kesehatan Hewan(SKKH) dari daerah asal," jelasnya.

Selain memeriksa hewan, tim juga akan melaksanakan sosialisasi tentang tata cara pemotongan hewan kurban yang memenuhi aspek Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) dan Kesejahteraan Hewan (Kesrawan) serta sesuai dengan Syariat Islam di lokasi-lokasi pemotongan hewan kurban.

Wakil Bupati Tangerang H. Hermansyah dalam berpesan kepada seluruh aparatur Pemerintah Kabupaten Tangerang khususnya kepada Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Tangerang agar senantiasa meningkatkan kewaspadaan terhadap masuknya hewan-hewan kurban ke Wilayah Kabupaten Tangerang termasuk melakukan penertiban kepada para pedagang Hewan Qurban yang ada di Kabupaten Tangerang.

"Saya harapkan petugas pemeriksaan hewan kurban ini bisa benar-benar melakukan tugasnya dengan baik, karena saat ini banyak sekali penyakit-penyakit hewan seperti antraks dan sebagainya itu semua dapat membuat masyarakat kita gelisah," terangnya.

Lanjutnya, Kepada para Petugas Pemeriksa Kesehatan Hewan Qurban serta Paramedik Veteriner, saya ucapkan selamat bertugas semoga dengan dibentuknya Petugas Pemeriksa Kesehatan Hewan Qurban ini, dapat membantu meminimalisir hal-hal negative yang tidak kita inginkan, baik itu dari Kesehatan Hewan yang akan di Qurbankan maupun meminimalisir para Pedagang nakal yang nekad menjual Hewan Qurban dengan kondisi yang kurang sehat kepada konsumen.

"Sehingga selain dapat meminimalisir korban Zoonosis ini juga dapat membantu proses pembangunan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan Tangerang sehat," tandasnya.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online