Damkar Targetkan Bentuk Satlakar Di Setiap Kelurahan

Dinas pemadam kebakaran (damkar) Kota Depok Dinas pemadam kebakaran (damkar) Kota Depok

detakdepok.com- CILODONG, Dinas pemadam kebakaran (damkar) Kota Depok menargetkan pembentukan satuan relawan kebakaran (Satlakar) di tiap kelurahan selesai pada 2014. Tercatat pada 2013, sudah tersedia 54 pos tanggap bencana kebakaran tersebar di beberapa kelurahan.

Pos tanggap bencana ini disiagakan 15 - 20 personel. Mereka dilengkapi alat untuk pecegahan dan penanggulang pertama kebakaran.

Pembentukan Satlakar ini ditujukan untuk memudahkan koordinasi antara warga dan petugas damkar dalam penanganan pertama ketika terjadi kebakaran.

"Pembentukan Satlakar ini untuk mengantisipasi lokasi kebakaran yang cukup memakan waktu dari unit pemadam terpadu (UPT)," jelas Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Yayan Arianto, Rabu (5/3).

Ia menyebutkan, pihaknya sudah membentuk Satlakar di Kelurahan Jatimulya, Minggu (2/3). Lokasi tersebut merupakan Satlakar ke-55 di Kota Depok. Akhir tahun ini, diharapkan menjadi 63 sesuai jumlah kelurahan.

Jadi, tambahnya, seluruh kelurahan memiliki Satlakar. Selain itu, pihak Damkar juga telah membangun Pos Satlakar untuk Se-Kota Depok. Lokasi pos tersebut di Kecamatan Sukmajaya. Pos ini nantinya digunakan sebagai tempat pelatihan serta pembinaan bagi petugas Satlakar.

"Meskipun ini hanya pos saja, kami akan mengerahkan beberapa tim untuk piket di sana. Selain itu, akan dilengkapi motor pemadam yang dapat digunakan Satlakar saat bertugas," pungkasnya.

Yayan berharap keberadaan satlakar ini dapat mencegah bencana kebakaran yang bisa terjadi kapan saja. (ham)

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online