TBM Keliling Ar-Rahmah, Sederhana Tapi Bermakna

Dengan motor roda tiga TBM Ar-Rahmah sanggup memberikan ilmu pengertahuan dengan gemar membaca ke masyarak Rempoa, Ciptim, Tangsel. Dengan motor roda tiga TBM Ar-Rahmah sanggup memberikan ilmu pengertahuan dengan gemar membaca ke masyarak Rempoa, Ciptim, Tangsel.

detaktangsel.com CIPTIM - Banyak orang yang mengatakan bahwa buku itu adalah jendela dunia, dengan membaca buku berarti kita telah membuka jendela dunia karena dari membaca buku kita akan mendapatkan berbagai macam Informasi dan Ilmu Pengetahuan.

Kepedulian pemuda dalam ikut mencerdaskan anak - anak terwujud dengan adanya Taman Bacaan Masyarakat (TBM) Ar-Rahmah, Rempoa, Ciputat Timur, Tangsel.

Ridho Fakrurrahman, S.IP, Penggagas berdirinya TBM Ar-Rahmah mengatakan, Kemajuan suatu bangsa juga dapat dilihat dari banyaknya masyarakat yang gemar membaca buku, khususnya di wilayah Rempoa minat baca masyarakat terutama anak-anak sangat tinggi. "Alhamdullilah, kami bisa mewujudkan TBM ini walaupun sederhana tapi sangat bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Ridho menuturkan, kalau sebuah komunitas masyarakat ingin pintar, cerdas dan kompetitif, maka salah satu jalan yang harus ditempuh adalah dengan membaca. Membaca pada hakikatnya adalah sebuah kebutuhan dari sebuah komunitas yang berfikir maju. Namun, saat ini masyarakat jauh dari akses mendapatkan bahan membaca.

"Ini memprihatinkan. Tapi kalau hanya sekedar prihatin saja, tentu tidak akan menghasilkan apa-apa." imbuhnya.

Kreatifitas TBM Ar-Rahmah dalam memberikan akses bacaan ketengah masyarakat dengan menggunakan motor roda tiga, TBM keliling yang menggunakan sepeda motor roda tiga ini dimaksudkan untuk memobilisasi ke gang-gang sempit dan terjangkau langsung ke warga.

TBM keliling ini menyediakan buku-buku mulai dari komik, dongeng, resep masakan, hingga buku-buku politik sampai buku ilmu pengetahuan Koleksi bukunya kini sekitar 500 buku. Buku-buku tersebut didapatkan dari hasil sumbangan masyarakat dan donatur. Selain itu yang tidak kalah menariknya, para pengelola perpustakaan keliling juga membacakan dongeng sambil memperagakan drama menggunakan pengeras suara.

"Anak-anak sangat antusias dan menyukainya. Setiap akhir pekan, TBM berkeliling ke perkampungan di sekitar Rempoa kecamatan ciputat timur. mencerdaskan anak bangsa itu tidak harus dengan sekolah mahal kok, cukup dengan ide-ide sederhana dan mulia seperti ini, asal dengan kesungguhan dan keikhlasan, pasti bisa." ungkap Ridho.

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online