Ajak Masyarakat Gemar Membaca, Buka Perpustakaan Jalanan

Sejumlah warga yang antusias memperingati Hari Buku Nasional membaca buku yang di sediakan di Perpustakan Jalanan Sejumlah warga yang antusias memperingati Hari Buku Nasional membaca buku yang di sediakan di Perpustakan Jalanan

detaktangsel.com Ciputat timur - Peringatan Hari Buku Nasional yang jatuh pada tanggal 17 Mei dirayakan komunitas Masyarakat Gemar Membaca (MAGMA) Kota Tangerang Selatan dengan cara melakukan aksi simapatik membagikan sticker, papercraft serta membuka Taman Bacaan Masyarakat (TBM) keliling. Acara ini dilakukan di Tugu situ gintung Kecamatan Ciputat Timur.

Konsep ini sengaja dipilih demi memudahkan akses warga untuk ambil bagian dalam peringatan ini. Ratusan koleksi buku yang dipinjam dari para dermawan dan pegiat pencinta buku, dipajang dan dipersembahkan untuk siapa saja yang ingin membacanya.

Herlina Mustika Sari, penggagas perpustakaan jalanan ini menyebutkan perpustakaan tersebut sengaja dibuka di pinggir jalan, juga untuk memancing minat baca warga. "Kita berharap dengan perpustakaan jalanan ini warga bisa menimba beragam ilmu lewat buku. Kita berharap perpustakaan jalan yang bisa diakses siapa saja, bisa memancing minat masyarakat untuk gemar membaca," ujar Herlina.

Aneka koleksi buku, mulai dari buku pelajaran sekolah, aneka resep makanan, buku agama dan kebudayaan, serta sejumlah buku literatur politik nasional, semuanya bisa dibaca dan dinikmati masyarakat.

Warga tak perlu menjadi anggota atau mendaftarkan diri untuk bisa membaca buku-buku itu. Warga pun menyambut antusias kegiatan membaca buku dan diselingi pembuatan paper craft.

Syarifudin salah satu Pengelola Taman Bacaan ini juga menambahkan tak banyak masyarakat yang mengetahui jika hari ini, 17 Mei adalah peringatan Hari Buku Nasional. Karena itu, dia berharap peringatan tersebut bisa mengingatkan masyarakat untuk lebih menghargai buku sebagai jendela informasi. Apalagi kegiatan membaca buku saat ini mulai ditinggalkan oleh masyarakat baik yang muda maupun tua.

Acara ditutup dengan foto bersama, para panitia dan masyarakat mengangkat buku sebagai simbol "mari tingkatkan minat baca".

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online