Amerika Dan Sekutu Barat Pantau Ukraina

Amerika Dan Sekutu Barat Pantau Ukraina

detaklintasbenua - WASHINGTON, Amerika Serikat dan sekutu Barat dekatnya, Jerman, telah menyerukan Rusia menarik kembali pasukan militernya dari Semenanjung Ukraina, Krimea. Hal ini disampaikan dalam kontak telepon antara Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan Kanselir Jerman Angela Merkel, kemarin.

"Mereka membahas krisis Ukraina," kata Gedung Putih," dalam satu pernyataan resmi, seperti dikutip dari Antara, Senin (10/3).

Obama menyambut kesimpulan dari 6 Maret Dewan Eropa dan sikap terpadu Amerika Serikat dan Uni Eropa tentang Ukraina. Para pemimpin sepakat mengenai perlunya bagi Rusia menarik kembali pasukannya. Hal ini memungkinkan untuk penyebaran pengamat internasional dan para pemantau hak asasi manusia ke Krimea, dan dukungan pemilihan presiden yang bebas dan adil pada Mei.

Pernyataan itu mencatat, Obama dan Merkel juga membahas perlunya Rusia menyetujui secara cepat mengenai pembentukan kelompok kontak yang akan mengarah pada dialog langsung antara Ukraina dan Rusia. Tujuannya untuk meredakan situasi dan mengembalikan integritas teritorial Ukraina.

Para pemimpin menegaskan, keprihatinan mereka atas pelanggaran Rusia atas hukum internasional melalui intervensi militernya di Ukraina. (red)

Go to top

Copyright © 2013  Detak Group. All rights reserved.

Support by pamulang online