Menteri PU Resmikan Ruas Tol Mojokerto-Kertosono Seksi 1

detaktangsel.com JOMBANG - Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, meresmikan jalan tol Kertosono-Mojokerto Seksi 1, yang merupakan bagian dari proyek nasional tol Trans Jawa dan juga menjadi ruas terpanjang di Jawa Timur dengan total jarak 40,5 km. Senin (13/10).

Seksi 1 sepanjang 14,7 km ini diharapkan dapat menjadi solusi bagi kepadatan lalu lintas di sekitar Jombang, khususnya dari arah Kertosono ke Ploso dan sebaliknya, juga dari Jombang ke Kertosono dan sebaliknya.

Acara peresmian jalan tol tersebut dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Bupati Jombang Drs. EC. H. Nyono Suharli W serta Presiden Direktur PT Astra International Tbk. (Astra) Prijono Sugiarto, didampingi Direktur Astra Paulus Bambang Widjanarko.

Foto 2Momen ini juga menjadi tanda kesiapan beroperasinya ruas tol yang menghubungkan Bandar kedungmulyo-Jombang. Gerbang sisi barat disebut Gerbang Bandar, berada di Kecamatan Bandar kedungmulyo, sedangkan gerbang sisi timur disebut gerbang Jombang berada di Tembelang.

"Kami memiliki target untuk bisa mengoperasikan seksi 1 ini sebelum akhir tahun 2014. Target tersebut akhirnya terpenuhi, berkat dukungan dari banyak pihak, Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah serta masyarakat Jombang," ujar Presiden Direktur PT Marga Harjaya Infrastruktur (MHI), Wiwiek D. Santoso.

Menurut dia, desain gerbang dan kantornya dibuat dengan memperhatikan budaya setempat namun dalam nuansa modern. Sirip-sirip pada atap menyerupai susunan batu pada candi-candi di Jawa Timur.

Desain gerbang yang didominasi warna biru dan oranye ini terkesan sangat modern. Demikian juga kantor gerbangnya yang dirancang dengan sangat detil termasuk peralatan dan alur aktivitas orang-orang yang bekerja disana. "Dengan demikian diharapkan semua operasi akan efisien," tambah Wiwiek.

MHI sebagai Badan Usaha Jalan Tol pemegang hak konsesi ruas tol ini merupakan bagian dari Grup Astra melalui PT Astratel Nusantara, anak perusahaannya di bidang infrastruktur dan logistik.

Ruas tol Kertosono-Mojokerto Seksi 1 ini seluruhnya dibangun dengan perkerasan beton baik lajur utama (dua lajur, dua arah) maupun bahu jalannya. Karena direncanakan di masa yang akan datang ruas tol ini akan menjadi tiga lajur, maka di sebagian besar seksi ini median jalannya sangat lebar.

Di sepanjang ruas tol ini ditanami beberapa jenis pohon untuk penghijauan, seperti Glodogan Tiang (Polyalthea), Hujan Mas (Cassia Glauca), Jatropa Batavia, Sengon (Albzia Falcatae), Bambu Jepang (Phyllostachys Aurea), Akasia daun lebar (Acasia Mangium), dll dengan total sekitar 7.900 batang pohon dan tanaman hias seperti Oleander, Kembang Merak (Caesalpinia Pulcherrima), Bunga Kupu-kupu (Buhunia Purpurea), Bougenvillea, Kecrutan (Spathodea campanulata) dll dengan total lebih dari 48.000 batang. Tol ini juga dilengkapi dengan rambu, pagar pembatas, dan juga guardrail di kedua sisinya.

Pada ruas tol ini terdapat satu buah jembatan penyebrangan dan 25 buah terowongan untuk menghubungkan desa-desa sekitar jalan tol. Karena baru seksi 1 yang dioperasikan, maka semua penggunajalan akan melakukan transaksi pembayaran tol di Gerbang Jombang.

Tarif masing-masing golongan kendaraan seksi 1 ini adalah sebagai berikut:

- Golongan I Rp 10.000.
- Golongan II Rp 15.500.
- Golongan III Rp 20.500.
- Golongan IV Rp 25.500.
- Golongan V Rp 30.500.

Meskipun baru seksi 1 yang dioperasikan, MHI telah menyiapkan fasilitas pendukung berupa tujuh unit mobil layanan jalan tol yang terdiri dari dua unit patroli jalan tol, satu unit ambulance, dua unit kendaraan derek, satu unit kendaraan rescue, dan satu unit Patroli Jalan Raya (PJR).

Selain itu, bagi pengguna jalan tol yang membutuhkan bantuan dan informasi, dapat menghubungi nomor (0321) 888 123. Semua unit tersebut siap melayani pengguna jalan tol, demi terwujudnya layanan jalan tol yang lancar, aman, dan nyaman.

Seluruh ruas tol Mojokerto-Kertosono ini dibagi menjadi empat seksi, yakni seksi 1 sepanjang sekitar 14,7 km dimulai dari Desa Kayen hingga Desa Tampingmojo, Kabupaten Jombang yang melintasi 16 desa.

Sedangkan seksi 2 sepanjang sekitar 19,9 km dimulai dari Desa Tampingmojo hingga Desa Pagerluyung (Kabupaten Mojokerto) melintasi 10 desa di Kabupaten Jombang dan dua desa di Kabupaten Mojokerto.

Kemudian seksi 3 sepangjang lima km dimulai dari desa Kemantren hingga Desa Canggu, Kabupaten Mojokerto yang melintasi lima desa. Terakhir, seksi empat sepanjang 0,9 km dimulai dari Desa Brodot sampai dengan Desa Gondang Manis, Kabupaten Jombang.

Seksi 3 akan menyambungkan ruas tol Mojokerto-Kertosono (Moker) dengan ruas tol Surabaya-Mojokerto sedangkan seksi 4 akan menyambungkan ruas tol Moker dengan ruas tol Ngawi-Kertosono. Saat ini seksi 2 dan seksi 3 masih dalam tahap pembebasan lahan meskipun di beberapa bagian juga telah dikonstruksi.

Per akhir September 2014, lahan seksi 2 yang telah diserahkan Pemerintah kepada MHI sebesar 82,53%, seksi 3 sebesar 86,75%, dan seksi 4 sebesar 79,41%. Sedangkan konstruksi di seksi 2 mencapai 47,50% dan seksi 3 mencapai 7,70%.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat yang telah membangun infrastruktur jalan di daerah kami, tentunya hal ini akan semakin mempercepat pertumbuhan ekonomi di daerah Jombang dan kami juga berharap sebagian masyarakat pemiliki tanah di seksi 2 dan seksi 4 dapat menyelesaikan pembebsannya seperti yang lain, sehingga proyek jalan tol di wilayah Jombang dapat segera diselesaikan seluruhnya," ungkap Bupati Jombang Drs. EC. H. Nyono Suharli W.

Selain peresmian ruas tol Kertosono-Mojokerto Seksi 1, pada hari yang sama Bupati Jombang bersama Presiden Direktur Astra Prijono Sugiarto juga meresmikan Kantor Pusat MHI yang berlokasi di Desa Pesantren, Kecamatan Tembelang, Kabupaten Jombang. Bangunan seluas 2.262,51 m2 ini tampak sangat berbeda dengan warna dominan oranye dan akan dilengkapi dengan masjid, lapangan tenis, dan wisma serbaguna.

Semoga dengan beroperasinya tol Kertosono-Mojokerto Seksi 1 ini juga akan dapat memacu pertumbuhan perekonomian Jombang dan segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat serta juga menjadi kebanggaan, khususnya bagi masyarakat Jombang.

« December 2017 »
Mon Tue Wed Thu Fri Sat Sun
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31

Cuaca

Jakarta, Indonesia
Partly Cloudy
25°C (25°C 23°C)

Go to top